Jumat, 22 Januari 2016

Membuat Presentasi dengan Sway

Selamat datang di blog saya. Semoga pengunjung senantiasa dirahmati Allah SWT.

Ada teman saya yang menanyakan cara-cara membuat presentasi dengan menggunakan sway. Langsung aja ya... Mudah-mudahan bisa membantu dan memberikan ilmu baru kepada pengunjung sekalian.

Langkah pembuatannya adalah:
1. Bukalah web browser anda. Anda bisa menggunakan Mozilla, Baidu, Internet explorer atau google Chrome
2. Ketiklah www.sway.com pada bagian url atau address bar
    

3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

    
4. Anda dapat meng-klik langsung masuk atau mulai. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan password. Perlu diperhatikan bahwa email anda harus menggunakan server hotmail atau outlook. Jadi, kalau belum punya, bisa buat dulu di www.hotmail.com. OK

 


5. Jika verifikasi akun tidak menunjukkan adanya kesalahan pada alamat email dan password, maka anda akan dihadapkan dengan tampilan di bawah ini:

     

6. Ada dua tombol yang dapat anda pilih. Tombol Buat baru digunakan apabila anda akan membuat langsung pada browser anda. Pilihan ini saya sarankan apabila anda menggunakan koneksi internet langsung dan cepat dan telah menyiapkan semua bahan presentasi seperti materi teks, gambar dan video yang dibutuhkan. Jika tidak, maka saya sarankan anda membuatnya dalam bentuk presentasi Powerpoint dahulu, maka anda hanya tinggal meng-import saja file tersebut ke dalam aplikasi Sway. hasil akhir akan menunjukkan sama.

7. Berikut ini adalah tampilan ketika saya mengimpor file presentasi yang sudah saya buat sebelumnya di Powerpoint.

   

8. Langkah selanjutnya adalah memilih menu disain. Menu ini akan mengarahkan anda untuk memilih tapilan yang menarik untuk presentasi anda
9.  Pilihlah salah satu templete tampilan seperti di bawah ini. Gunakan Roll/penggulung untuk melihat templete lain yang berbeda. Untuk menutup jendela disain klik tanda silang di bagian atas.

   
10. Untuk menjalankan slide, tekan tombol/menu putar/play yang berada pada bagian atas

   

 

11. Untuk mengedit tampilan yang tadi, anda tinggal klik lambang pensil yang berada pada bagian pojok kanan atas.

12. Hasil akhir slide anda juga perlu anda share, agar dapat diakses oleh orang lain. Cara membuat linknya adalah dengan meng-klik lambang lingkaran yang ada pada bagian pojok kanan atas yang bersebelahan dengan gambar pensil. Berikutnya anda tinggal menyalin atau Copy-Paste alamat url yang diberikan. alamat inilah yang kemudian anda bagikan kepada orang lain. Misalnya melalui status facebook anda atau blog anda.

 

13. Jika anda ingin kembali ke beranda untuk membuat slide yang baru, maka anda dapat meng-klik menu seperti tampilan di bawah ini:
 
    

14. Jika anda sudah selesai membuat presentasi dengan Sway dan ingin keluar, maka pilihlah perintah seperti di bawah ini:

    

15. Inilah hasil akhir tampilan slide saya yang sebelumnya saya edit kembali templete slidenya

      


16. demikian tutorial ini. semoga bermanfaat dan membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar